Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 5, No 2 (2022): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA MATERI GERAK LURUS KELAS VIII SMP/MTS

Siti Maulidya Salsabila (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)
Rozanna Dewi (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)
Halimatus Sakdiah (Pendidikan Fisika, Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Penelitian pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk, respon peserta didik, serta untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini terdiri dari 25 siswa kelas VIII SMP N 2 Dewantara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan telah dinyatakan layak berdasarkan penilaian: 1) Tingkat kelayakan media video animasi oleh ahli media diperoleh persentase skor sebesar 82% dan ahli materi diperoleh persentase skor sebesar 80% dengan kriteria penilaian “sangat layak”; 2) Tingkat penilaiankepraktisan oleh guru IPA di sekolah dengan memperoleh persentase skor sebesar 86,65% dengan kriteria “sangat praktis”; 3) Hasil respon peserta didik “sangat baik” dengan tingkat penilaian keefektifan media dari peserta didik melalui uji coba produk pada kelompok kecil yaitu diperoleh persentase skor sebesar 80,16% dan uji coba pemakaian pada kelompok besar diperoleh persentase skor sebesar 86,73% dengan kriteria penilaian “sangat efektif”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa video animasi berbasis powtoon pada materi gerak lurus yang telah dikembangkan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kelebihan dari produk ini yaitu penggunaannya praktis dan desain tampilan yang menarik. Serta kekurangannya yaitu memerlukan jaringan internet stabil dan kapasitas memori yang besar untuk menyimpannya. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...