Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2022)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Gerhana Matahari dan Bulan Menggunakan Metode Demonstrasi di Kelas VI SDN Dlemer

Rosideh, Agung Rosideh, Setyawan (Universitas Tunojoyo Madura)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerhana matahari dan bulan dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk penilaian hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya yaitu dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan sebanyak (25,52) dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa diperoleh (54,73) dengan persentase ketuntasan mencapai 37,5% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa (80,25) dengan persentase ketuntasan mencapai 86,5%. Penggunaan metode demonstrasi dalam proses pembelajaran lebih menyenangkan, aktif, kreatif dan tidak membosankan sehingga dengan menggunakan metode demonstrasi hasil belajar siswa dapat meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerhana matahari dan bulan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

trapsila

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer ...