Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023

PENINGKATAN KEMAMPUAN MATERI AL QUR’AN DAN HADITS MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARMING




Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Materi Al-Qur'an dan Hadits di tingkat sekolah menengah atas yaitu memahami Al-Quran dan Hadits dan ijtihad sebagai hukum islam. Namun, diketahui dari hasil observasi pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, penulis menemukan permasalahan khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu, Dari hasil ulangan harian hanya (50%) dari jumlah siswa 20 orang siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Berangkat dari hal tersebut, maka perlu dilakukan suatu tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut, dalam hal ini yaitu strategi pembelajaran cooperative learning. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran model cooperatif learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi memahami Al-Quran dan Hadits, serta ijtihad sebagi sumber hukum islam. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun hasil penelitian, menunjukkan bahwa melalui penerapan model cooperatif lerning, dapat meningkatkan hasil belajar siswa X SMA Negeri 1 Longkib, dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan siklus I, siklus II, serta siklus III. Sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong kurang dengan rata- rata 50%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 65%, kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata 75%, hingga pada siklus III terjadi peningkatan secara optimal dengan rata-rata 85% yaitu kategori baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...