Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter
Vol 8, No 1 (2023): Edisi Januari 2023

PENGEMBANGAN UJI KOMPETENSI SKEMA KLASTER INSTALASI KABEL JARINGAN BERBASIS SISTEM INFORMASI




Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Pandemi covid 19 berdampak pada proses pembelajaran yang  beralih ke online sehingga siswa XI SMK jurusan Teknik Komputer Jaringan yang mengikuti ujian kompetensi di sekolah mengalami kendala yaitu kurangnya siapnya siswa dalam pengujian kompetensi dikarenakan belum ada media pembelajaran yang memudahkan siswa dalam mempelajari materi apa saja yang akan diujikan.Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menganalisis kelayakan, kepraktisan dan menganalisis efektivitas sistem informasi pada siswa kelas XI SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD dengan pendekatan ADDIE. Penelitian ini melibatkan dua validator ahli media, dua validator ahli materi, dan dua puluh satu siswa. Sistem informasi diimplementasikan pada uji klaster pertama yaitu instalasi kabel jaringan. Pengumpulan data menggunakan observasi analisis kebutuhan, angket uji kelayakan sistem informasi, pre-test dan post-test kepada siswa. Kemudian data dianalisis menggunakan mean, analisis deskriptif persentase, Paired sample t-Test, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) uji kelayakan sistem informasi menunjukkan rata-rata sebesar 4,79 untuk media yang dikategorikan sangat layak dan 4,71 untuk materi yang dikategorikan sangat layak; 2) uji kepraktisan sistem informasi menunjukan rata-rata skor keseluruhan yaitu 97% dengan kriteria praktis ; 3) media sistem informasi  dinyatakan efektif dalam meningkatkan kometensi siswa dengan rata-rata N-gain sebesar 73% dikategorikan cukup efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipk

Publisher

Subject

Education

Description

The journal acts as a medium of publication the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in ...