Keberhasilan pengimplementasian suatu model pembelajaran akan bergantung pada keterampilan guru dalam menggunakan metode, teknik, dan taktik pembelajaran. Keterampilan dasar mengajar sangat diperlukan, agar guru dapat melaksanakan perannya dalam proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Di samping itu, keterampilan dasar merupakan syarat mutlak agar guru bisa mengimplementasikan berbagai model pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 2 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari 60,72% % pada Siklus l, dapat meningkat menjadi 100 % pada siklus II. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together pada materi pertumbuhan dan pembangunan adalah efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Longkib Kota Subulussalam.
Copyrights © 2023