STLISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya

IMPLEMENTASI DALAM MENGUBAH SIKAP KONSERVATIF GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK MODEL COOPERATIF PROFESIONAL DEVELOPMENT DI SD NEGERI SAWANG

Tamberan (SDN Sawang Tapin Selatan)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2023

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini berjudul “Implementasi Dalam Mengubah Sikap Konservatif Guru Melalui Supervisi Akademik Model Cooperatif Profesional Development Di SD Negeri Sawang”. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengubah sikap konservatif guru menjadi guru yang progresif futuristik melalui supervisi akademik. 2). Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan mengelola kegiatan proses pembelajaran. 3). Meningkatnya kemampuan Guru dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam menunjang proses belajar mengajarnya di kelas. 4). Menumbuhkan persesi positif guru terhadap pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sebagai layanan bantuan proses pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan. 4). Meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang optimal. 5) Meningkatnya kerja sama antar guru sebagai anggota organisasi lembaga SD Negeri Sawang. PTS ini dilaksanakan dalam dua siklus pada sekolah yang sama. Perubahan sikap konservatif menjadi sikap yang progresif futuristic mampu meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang lebih berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan hasil pelaksanaan penelitian tindakan Sekolah yang dilaksanakan di SD Negeri Sawang. Sebelum dilakukan penelitian sikap guru menunjukkan skala sikap yang sangat rendah yaitu: 54,5% dengan rata-rata pemenuhan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata- rata 51,5%. Pada Siklus I Skala Likert mencapai 72,38% dengan rata- rata pemenuhan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata- rata 63,50% dan tingkat ketercapaian 70,50%. Pada Siklus II Skala sikap memperoleh nilai 77,88% dengan rata- rata pemenuhan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaranmemperoleh nilai rata – rata 79% sedangkan tingkat ketercapaian rata – rata 84%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

STI

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

STILISTIKA merupakan jurnal yang memuat tulisan/artikel hasil penelitian dan kajian/telaah setara penelitian yang mengkaji tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Jurnal ini terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa ...