JOEL: Journal of Educational and Language Research
Vol. 2 No. 5: Desember 2022

ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PEMEROLEHAN BAHASA PADA SISWA KELAS X AGAMA DI MAN 2 SAMARINDA

Rinda Cahya Mudiawati (Universitas Mulawarman)
Yusak Hudiyono (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

MAN 2 Samarinda memiliki salah satu program unggulan yaitu program MANPK. Siswa yang termasuk pada program ini, berbeda dengan siswa reguler lainnya. Tidak hanya mereka diwajibkan tinggal di asrama, tetapi mereka juga menjalani program-program yang telah dirancang khusus oleh MANPK. Tujuan dari program MANPK diantaranya, dapat mencetak siswa yang berakhlakul karimah, menggali potensi, seorang muslim berintelektual, cerdas, modern dan menguasai ilmu pengetahuan serta teknologi. Salah satu wujud dari program tersebut ialah pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris. Selain menguasai bahasa Indonesia sebagai bahasa pertama mereka, siswa program MANPK juga menguasai bahasa kedua yaitu bahasa Arab dan Inggris. Pemerolehan bahasa siswa kelas agama diperoleh melalui proses belajar untuk menguasai kompetensi dalam pembelajaran bahasa kedua. Pada sisi lain, mereka memperoleh bahasa kedua dan seringkali menuturkan tuturan pada suatu percakapan teman lainnya, sehingga tanpa sadar siswa kelas agama menggunakan alih dan campur kode. Untuk itu, peneliti ingin melakukan penelitian dengan judul “Alih Kode dan Campur Kode Pemerolehan Bahasa Pada Siswa Kelas X Agama di MAN 2 Samarinda” dengan tujuan ingin mendeskripsikan alih kode dan campur kode yang terjadi pada siswa kelas X agama di MAN 2 Samarinda.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JOEL

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JOEL: Journal of Educational and Language Research published by Bajang Institute, was established in twelve times a year and with printed version of ISSN: 2807-937X and the online version of ISSN: 2807-8721. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with ...