Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah
Vol 2 No 3 (2022): Juni 2022

Pengaruh Persepsi Kemudahan, Manfaat, Resiko, Kepercayaan Dan Kenyamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking

Fika Khairu Rahmah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)
Sri Hartiyah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)
M. Trihudiyatmanto (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi risiko, persepsi kepercayaan dan persepsi kenyamanan terhadap minat nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Wonosobo menggunakan internet banking. Metodologi - Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Wonosobo yang didapat melalui teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang dikembangkan oleh Sugiyono (2014). Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil - Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kemudahan, persepsi manfaat, persepsi kepercayaan dan persepsi kenyamanan berpengaruh positif terhadap minat nasabah menggunakan internet banking, sedangkan persepsi risiko berpengaruh negatif terhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Implikasi - Penelitian ini hanya terbatas pada nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang berada di Kabupaten Wonosobo, sehingga penelitian selanjutnya disarankan menggunakan sampel penelitian yang lebih luas, serta menambah variabel penelitian yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan internet banking.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamasy

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL AKUNTANSI, MANAJEMEN DAN PERBANKAN SYARIAH diterbitkan sejak 1 Desember 2021 oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas (UP2MF) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Terbit enam kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, ...