cover
Contact Name
M. Trihudiyatmanto
Contact Email
up2mffebunsiq@gmail.com
Phone
+6281259885228
Journal Mail Official
up2mffebunsiq@gmail.com
Editorial Address
Unit Penelitian dan Pengabdian Fakultas (UP2MF) FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo Jl. K.H. Hasyim Asy’ari Km. 3, Kalibeber, Mojotengah, Wonosobo, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. wonosobo,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah
ISSN : -     EISSN : 28097580     DOI : https://doi.org/10.32699/jamasy
Core Subject : Economy, Science,
JURNAL AKUNTANSI, MANAJEMEN DAN PERBANKAN SYARIAH diterbitkan sejak 1 Desember 2021 oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas (UP2MF) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Terbit enam kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober dan Desember; dalam satu jilid ada enam nomor. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang akuntansi, manajemen dan perbankan syariah.
Articles 321 Documents
Anteseden Nilai Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Putri Prastika; M. Elfan Kaukab
Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : UP2MF Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan manufaktur, yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 sampai 2018. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2018 dan sampel penelitian ini berjumlah 30 laporan keuangan perusahaan manufaktur, yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2014 sampai 2018. Analisis menggunakan regresi linear berganda dengan alat bantu SPSS. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Keputusan Pendanaan dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan, Keputusan Investasi, Kebijakan Deviden, Corporate sosial responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan. Keterbatasan dalam penelitian ini sampel yang digunakan sangat terbatas, hanya 30 laporan keuangan. Karena perusahaan yang memenuhi kriteria menjadi sampel penelitian hanya 6 perusahaan yang terdaftar di BEI periode tahun 2014-2018. Agenda penelitian yang akan datang yaitu memperluas tempat penelitian sehingga sampel yang digunakan dapat lebih banyak dan diharapkan dapat disimpulkan secara umum.
Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Geodipa Energi Dieng Banjarnegara Rico Herynovan Assabiq; RAEP. Apriliani; Bahtiar Efendi
Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : UP2MF Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (PT Geodipa Energi). Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT Geodipa Energi. Sampel dalam penelitian ini adalah puluhan karyawan Geodipa Energi. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi linier berganda, dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Motivasi Kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan. Motivasi Kerja Memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Variabel Motivasi Kerja mempunyai thitung 2,625 dengan ttabel = 1.9849 (H1 diterima). Lingkungan Kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan, Lingkungan Kerja memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Variable Lingkungan Kerja mempunyai thitung 2,393 dengan ttabel= 1.9849. Kepuasan Kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Variabel Kepuasan Kerja mempunyai Kepuasan Kerja berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Pengaruh Pengawasan, Akuntabilitas, Transparansi Dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Pada Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo Muafik Muafik; Nanang Agus Suyono; Susanti Susanti
Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : UP2MF Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan - Tujuan dalam penelitian ini untuk membuktikan pengaruh pengawasan, akuntabilitas, transparansi dan sistem akuntansi keuangan daerah terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah pada kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo. Metode – Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, karena data yang disajikan berhubungan dengan angka dan menggunakan analisa statistik. Hasil - Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengawasan, akuntabilitas, transparansi dan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh positif terhadap kinerja aparatur pemerintah daerah pada kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo Implikasi - Penelitian ini menggunakan data pegawai Aparatur Sipil Negeri (ASN) pada kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Wonosobo.. Orisinalitas - Makalah ini melihat penerapan berbagai aturan perundang-undangan yang ada terkait dengan konsep akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan diharapkan dapat mewujudkan pengelolaan pemerintah daerah yang baik dan berpihak kepada rakyat. Implementasi akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan keuangan daerah diharapkan mampu meningkatkan kinerja pemerintah daerah.
Pengaruh Aset Pajak Tangguhan, Beban Pajak Tangguhan Dan Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Yuliana Maulida; Sri Hartiyah; Agus Putranto
Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : UP2MF Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Aset Pajak Tangguhan, Beban Pajak Tangguhan, dan Perencanaan Pajak terhadap Manajamen Laba pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016 sampai 2019. Model Penelitian: Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di BEI tahun 2016 sampai 2019. Data diambil melalui website BEI berupa data-data kuantitatif yang terdapat dalam laporan keuangan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan purposive sampling method. Setelah dilakukan proses pemilihan sampel, diketahui jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 laporan tahunan perusahaan dari 12 sampel perusahaan dengan periode pengamatan dari tahun 2016 sampai 2019. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics v. 26. Hasil: Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Aset Pajak Tangguhan dan Perencanaan Pajak tidak berpengaruh terhadap ManajemenLaba. Sementara itu, Beban Pajak Tangguhan berpengaruh positif terhadap Manajemen Laba. Keterbatasan: Dalam penelitian ini tidak terlepas dari keterbatasanya itu jumlah sampel penelitian yang sedikit dan penelitian ini hanya mampu menjelaskan 24,6% saja, sedangkan sisanya sebesar 65,4% dijelaskan oleh faktordiluar model penelitian ini. Agenda penelitian yang akan datang: Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah objek penelitian dan menambah periode amatanannual report agar tindakan manajemen laba dari tahun ketahun dapat diperbandingkan.
Citra Merk: Memediasi Hubungan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet Putri Avriani; M. Trihudiyatmanto; Heri Purwanto
Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : UP2MF Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keputusan pembelian adalah tindakan dari konsumen untuk mau membeli atau tidak terhadap suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian layanan internet Provider Tri pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo. Penelitian ini terdiri dari variabel kualitas produk (X), variabel keputusan pembelian (Y), variabel citra merek (mediasi). Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Sains Al-Qur’an yang diambil sebanyak 119 responden. Bahan penelitian ini adalah hasil survei pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis di Universitas Sains Al-Qur’an dengan menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert dan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode accidental sampling. Metode statistik menggunakan analisis Structural Equation Modelling(SEM) dan uji mediasi digunakan alat uji Sobel Test. Dalam penelitian ini menghasilkan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian, citra merek memediasi kualitas produk terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh terhadap citra merek dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah Dalam Menggunakan Mobile Banking Pada BRI Syariah KCP Weleri Olyvia Delvi; Mila Fursiana Salma Musfiroh
Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : UP2MF Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan nasabah selalu jadi prioritas utama padaapenelitian ini karena tingkat persaingan dalam dunia perbankannyang semakin ketat, khususnya perbankan syariah. Perbankan syariah juga harus memperhatikan hal-hal yang dianggap penting oleh nasabah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah yaitu kualitas layanan dan kepercayaan. Salah satu layanan yang lebih banyak digunakan oleh nasabah BRI Syariah KCP Weleri adalah Mobile Banking. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh dari kualitas layanan dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah BRI Syariah KCP Weleri yang menggunakan mobile banking. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah non probability sampling yaitu dengan teknik Accidental Sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada nasabah Bank BRI Syariah KCP Weleri. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Data yang didapatkan kemudianndiolahhmenggunakan alattbantu SPSS versi 23. Analisis inimmeliputi uji Validitas Reliabilitas. Alat yang digunakan untuk analisissmeliput iUjidAsumsi Klasik, UjiiRegresi linier Berganda, UjiiT, UjiiF, dan UjiiR2. Hasil penelitian menunjukkan jika: (1) Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking padaaBRI SyariahhKCPpWeleri. Hal.ini dibuktikan dengan hasil uji t yang memperoleh nilai sig untuk variabellkualitas layanan sebesar 0,001 < 0,05 (sigg<α ==5%). (2) Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking pada BRIiSyariahhKCPpWeleri. Terbukti dengan hasil uji t yang memperolehnilai sig untuk variabel kepercayaan sebesarr0,000 < 0,05 (sigg< α = 5%). (3) Kualitas layanan dan kepercayaan secaraasimultanmberpengaruh signifikanmterhadappkepuasan nasabahhpadaaBRI SyariahhKCPpWeleri. Hal ini dibuktikanndengan hasil ujiiF yang memperolehnilai sig sebesar 0,000 < 0,05 (sig < α = 5%).
Pengaruh Price Discount, Hedonic Shopping Motivation, Merchandising, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Kafi Nurudin; Yusqi Mahfudz; Bahtiar Efendi; Eni Candra Nurhayati
Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : UP2MF Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian antara lain untuk mengetahui adanya pengaruh antara price discount, Hedonic shopping motivation, merchandising, dan store atmosphere terhadap impulse buying pada konsumen NU Mart Ngadisono. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang pernah berbelanja di NU Mart Ngadisono. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan teknik insidental sampling dengan jumlah sampel 100 responden, Sedangkan untuk olah data dengan menggunakan program SPSS V.25 penelitian ini menggunakan Teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Price Discount, merchandising dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, sedangkan hedonic shopping motivation berpengaruh negatif dan signifikan terhadap impluse buying di NU Mart Ngadisono.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Manajerial Koperasi di Kabupaten Wonosobo Afifah Wahyuningsih; M. Elfan Kaukab
Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : UP2MF Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan anggaran pada koperasi di Kabupaten Wonosobo. Variabel independen dalam penelitian ini adalah sistem akuntansi manajemen, kepribadian kewirausahaan, desentralisasi, partisipasi dalam penyusunan anggaran. Sedangkan variabel dependennya adalah kinerja manajerial. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling, di peroleh sampel 80. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknis analisis data statistik deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji f, uji hipotesis, uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan sistem akuntansi manajemen, kepribadian kewirausahaan, desentralisasi dan partisipasi dalam penyusunan anggaran berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah hasil penelitian sebesar 28,1%. Artinya, masih terdapat variabel bebas lainya yang bisa mempengaruhi kinerja manajerial yang tidak di teliti dalam penelitian ini. Agenda penelitian yang akan datang yaitu memperluas periode pengamatan yang lebih lama untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Menambah variabel penelitian yang berpengaruh terhadap kinerja manajerial.
Faktor Determinan Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Tabungan Emas Choirunisak Choirunisak; M. Trihudiyatmanto
Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : UP2MF Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to examine the antecedents that influence customer decisions in saving gold at PT Pegadaian Sukorejo. Identifying the relationship between variables and indicators and knowing which constructs most influence customer decisions from several factors, namely location, service quality, brand image, knowledge, and interests.The sample in this study was the people of Sukorejo sub-district who were taken as many as 130 respondents. The research material was the result of a survey of the Sukorejo community using a questionnaire which was measured using a Likert scale and using simple random sampling technique. The statistical method uses SEM (Structural Equation Modeling) analysis.In this research, it produces interest and service quality that affects customer decisions. Location, knowledge and brand image do not affect customer decisions. Interest in mediating brand image on customer decisions. Knowledge has no effect on customer interest and interest in mediating knowledge on customer interest.
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kecamatan Mojotengah Muhammad Ismail Nurusshobah; Romandhon Romandhon; Susanti Susanti
Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah Vol 1 No 1 (2021): Desember 2021
Publisher : UP2MF Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur'an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peneliitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari harga produk, kualitas produk, jam kerja, lokasi dan eksistensi pondok pesantren terhadap tingkat pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Populasi dalam penelitian ini adalah semua Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang berada di Kecamatan Mojotengah sejumlah 4771 buah. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 98 buah dengan menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan data primer, dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebar kuesioner kepada pelaku UMKM secara langsung. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah IBM SPSS Statistics. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga produk dan eksistensi pondok pesantren berpengaruh positif terhadap tingkat pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).Sedangkan kualitas produk dan lokasi tidak berpengaruh terhadap tingkat pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),serta jam kerja berpengaruh negatif terhadap tingkat pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Page 1 of 33 | Total Record : 321