Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah
Vol 2 No 3 (2022): Juni 2022

Minat Penggunaan Mobile Banking Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi

Nur Malikha Ulfah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)
Kurniawati Mutmainah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)
Romandhon Romandhon (Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi manfaat, persepsi kemudahan dalam penggunaan, persepsi kepercayaan, persepsi risiko dan kemampuan individu mengoperasikan komputer terhadap minat penggunaan mobile banking. Metodologi - Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Sains Al Qur’an Jawa tengah di Wonosobo. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum di Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo. Responden yang dipilih menjadi sampel adalah mahasiswa yang aktif menggunakan mobile banking sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 84 responden. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dengan cara membagikan kuesioner secara langsung kepada mahasiswa Fakultas Syari’ah dan Hukum di Universitas Sains Al Qur’an Wonosobo, dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS Statistics v.17. Hasil - Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat berpengaruh positif terhadap minat penggunaan mobile banking, sedangkan persepsi kemudahan dalam penggunaan, persepsi kepercayaan, persepsi risiko dan kemampuan individu mengoperasikan komputer tidak berpengaruh terhadap minat penggunaan mobile banking. Implikasi - Bagi pihak bank diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat terus melakukan evaluasi serta perbaikan pelayanan mengenai aplikasi mobile banking yang melayani transaksi digital yang disediakan, sehingga dapat meningkatkan minat mahasiswa untuk menggunakan mobile banking. Orisinalitas – Penelitian ini menguji beberapa faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa dalam menggunakan sistem pembayaran jaringan IDN dalam melakukan transaksi secara digital melalui mobile banking.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jamasy

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL AKUNTANSI, MANAJEMEN DAN PERBANKAN SYARIAH diterbitkan sejak 1 Desember 2021 oleh Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas (UP2MF) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo. Terbit enam kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, ...