JURNAL PENDIDIKAN GLASSER
Vol 7, No 1 (2023)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PADA SISWA

Emmy Tirta Aviqi (Universitas Negeri Gorontalo)
Rusmin Husain (Universitas Negeri Gorontalo)
Wiwy Triyanty Pulukadang (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2023

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang tepat, dapat mengembangkan potensi yang tersimpan dalam dirinya, sehingga mereka akan lebih percaya diri untuk belajar terampil dalam berbicara. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berbicara pada siswa Kelas V SDN 9 Batudaa. Sumber data adalah data primer melalui penyebaran angket dan tes performance kepada sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah anova 2x2 dan independent samples t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara siswa pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional di kelas V Sekolah Dasar Negeri 9 Batudaa dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 89,3750 > 70,9375. (2) terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi kelas V Sekolah Dasar Negeri 9 Batudaa dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 93,3036 > 69,3182. (3) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari keterampilan berbicara pada penggunaan model pembelajaran bermain peran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki rasa percaya diri rendah kelas V Sekolah Dasar Negeri 9 Batudaa dengan keunggulan pada model pembelajaran bermain peran yakni 80,2083 > 72,9167. (4) interaksi model pembelajaran bermian peran dengan rasa percaya diri berpengaruh signifikan terhadap keterampilan bebricara kelas V Sekolah Dasar Negeri 9 Batudaa dengan nilai determinan sebesar 44,70%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

glasser

Publisher

Subject

Education

Description

Glasser is an education journal that published twice a year in April and October. Glasser journal aims to publish conceptual, review, and research from tecahers, scientiests, and other schorals which expert in education ...