Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah
Vol 5, No 2 (2022): Desember

PENGENDALIAN IMPULSIVE BUYING MELALUI KONSEP QUDWAH DAN QANĀ’AH DALAM PERSPEKTIF ETIKA KONSUMSI

Armina A (IAIN BONE)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan studi tentang pengendalian impulsive buying melalui konsep qudwah dan qanā’ah dalam perspektif etika konsumsi. Pokok permasalahannya adalah pengendalian impulsive buying melalui konsep qudwah dan qanā’ah dalam perspektif etika konsumsi pada pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk menjawab permasalahan bagaimana perilaku impulsive buying, bagaimana korelasi konsep qudwah dan qanā’ah pada perilaku impulsive buying, bagaimana konsep qudwah dan qanā’ah dalam mengendalikan perilaku impulsive buying, dan bagaimana konsep qudwah dan qanā’ah sebagai pengendalian impulsive buying dalam perspektif etika konsumsi pada pelanggan minuman Es Teh Indonesia di Kabupaten Bone. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, jenis penelitian kualitatif melalui pendekatan ekonomi syariah, pendekatan ekonomi, dan pendekatan fenomenologi. Jenis data yang digunakan  data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan cara melakukan pengumpulan data secara menyeluruh lalu memilah data yang relevan dengan penelitian kemudian menyajikan data dan melakukan verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama perilaku impulsive buying pada pelanggan minuman Es Teh Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor meliputi; karakteristik produk, faktor marketing, karakteristik konsumen, lokasi dan lingkungan toko, daya tarik iklan. Adapun tipe-tipe perilaku impulsive buying, meliputi; pure, suggestion, reminder dan planned impulsive buying. Kedua, konsep qudwah dan qanā’ah memiliki korelasi dengan perilaku impulsive buying pada pelanggan minuman Es Teh Indonesia di Kabupaten Bone. Ketiga, dengan menerapkan konsep qudwah dan qanā’ah pada perilaku impulsive buying dapat dikendalikan dengan baik. Keempat, pelanggan minuman Es Teh Indonesia di Kabupaten Bone telah menerapkan konsep qudwah dan qanā’ah serta memperhatikan etika dan prinsip-prinsip konsumsi dalam Islam. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

altsarwah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu Ekonomi Syariah. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...