Strategi pembelajaran partisipatif, atau kegiatan belajar-membelajarkan partisipatif, merupakan fenomena yang sedang tumbuh dalam Pendidikan Luar Sekolah. Kegiatan pembelajaran ini perlu dan dapat dikembangkan sejalan dengan peningkatan kemantapan sub-sistim Pendidikan Luar Sekolah dalam Pendidikan Nasional. Kesehatan reproduksi perempuan adalah menyangkut proses, fungsi, dan sistim reproduksi perempuan pada tahap kehidupan. Setelah kegiatan pendidikan dan pelatihan ini selesai dilaksanakan diharapkan perempuan-perempuan usia produktif yang terlibat dalam pelatihan ini dapat: (a) memiliki pengetahuan kesehatan reproduksi yang benar pada usia sehat dalam perkawinan baik untuk dirinya maupun anaknya, (b) memahami dan merencanakan kehamilan yang sehat, (c) mengenal dan waspada terhadap penyakit menular seksual yang dialami perempuan, (d) memahami dan mengantisipasi kekerasan dalam rumah tangga yang dialami perempuan. Hasil pengabdian pada masyarakat ini perlu adanya penggerak masyarakat yang terbentuk dalam â Paguyuban Peduli Kesehatan Reproduksi Perempuanâ yang ada di setiap desa untuk melakukan edukasi preventif berhubungan dengan kesehatan reproduksi. Universitas Sriwijaya dalam hal ini Program Studi PLS FKIP ikut serta untuk bertanggungjawab dalam pendampingan edukasi preventif untuk pencegahan dan kewaspadaan pada masalah-masalah kesehatan reproduksi perempuan bagi perempuan-perempuan yang rentan terkenai masalah tersebut. Kata kunci: Pembelajaran Partisipatif, Kesehatan, Reproduksi Perempuan.
Copyrights © 2014