Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Nasional LPPM 2014, 20 Desember 2014

Strategi Pembelajaran Partisipatif Dalam Kesehatan Reproduksi Perempuan Di Kota Pagar Alam

Kartikawati, Evy Ratna ( Program Studi Pendidikan Luar Sekolah – FKIP –Universitas Sriwijaya Palembang)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2014

Abstract

Strategi pembelajaran partisipatif, atau kegiatan belajar-membelajarkan partisipatif, merupakan fenomena yang sedang tumbuh dalam Pendidikan Luar Sekolah. Kegiatan pembelajaran ini perlu dan dapat dikembangkan sejalan dengan peningkatan kemantapan sub-sistim Pendidikan Luar Sekolah dalam Pendidikan Nasional. Kesehatan reproduksi perempuan adalah menyangkut proses, fungsi, dan sistim reproduksi perempuan pada tahap kehidupan. Setelah kegiatan pendidikan dan pelatihan ini selesai dilaksanakan diharapkan perempuan-perempuan usia produktif yang terlibat dalam pelatihan ini dapat: (a) memiliki pengetahuan kesehatan reproduksi yang benar pada usia sehat dalam perkawinan baik untuk dirinya maupun anaknya, (b) memahami dan merencanakan kehamilan yang sehat, (c) mengenal dan waspada terhadap penyakit menular seksual yang dialami perempuan, (d) memahami dan mengantisipasi kekerasan dalam rumah tangga yang dialami perempuan. Hasil pengabdian pada masyarakat ini perlu adanya penggerak masyarakat yang terbentuk dalam “ Paguyuban Peduli Kesehatan Reproduksi Perempuan” yang ada di setiap desa untuk melakukan edukasi preventif  berhubungan dengan kesehatan reproduksi. Universitas Sriwijaya dalam hal ini Program Studi PLS FKIP ikut serta untuk bertanggungjawab dalam pendampingan edukasi preventif untuk pencegahan dan kewaspadaan pada masalah-masalah kesehatan reproduksi perempuan bagi perempuan-perempuan yang rentan terkenai masalah tersebut. Kata kunci: Pembelajaran Partisipatif, Kesehatan, Reproduksi Perempuan.

Copyrights © 2014