Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Hasil Penelitian LPPM 2014, 6 September 2014

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Semester IV Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Mustolokh, Mr ( Program Studi Pendidikan Geografi, FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl. Raya Dukuhwaluh PO BOX 202 Purwokerto)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “pengaruh pola asuh orang tua terhadap  motivasi belajar mahasiswa semester IV Pendidikan Geografi Univer-sitas Muhammadiyah Purwokerto”. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester IV Pendidikan Geografi – FKIP – UMP Purwokerto tahun akademik 2013-2014, sejumlah 31 mahasiswa.Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup, langsung dan berbentuk skala bertingkat. Angket digunakan untuk mengungkap data pola asuh orang tua dan motivasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan Statistik “t” atau t-tes. Penelitian ini menyimpulkan adanya pengaruh pola asuh orang tua terhadap  motivasi belajar mahasiswa semester IV Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah. Simpulan ini didasarkan pada  hasil analisis data yang menunjukan adanya perbedaan motivasi belajar antara pola asuh orang tua demokratis dengan otoriter. Hasil perhitungan (t-hitung) lebih besar daripada t-tabel, yaitu – 2,201 < 4,433 > 2,201, hal ini menunjukkan bahwa pola asuh demokratis mempunyai pengaruh lebih baik terhadap motivasi belajar dibandingkan dengan pola asuh otoriter. Key words: Pola asuh orang tua,  motivasi belajar mahasiswa.

Copyrights © 2014