Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Hasil Penelitian LPPM 2014, 6 September 2014

Pengaruh Organizational Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kualitas Jasa Di Lembaga Pendidikan (Studi Kuantitatif pada Guru LPA Putra Harapan Purwokerto)

Aryo Wibowo, Ugung Dwi ( Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl. Raya Dukuh Waluh, PO Box 202 Purwokerto 53182, Telp. (0281) 636751 ext. 209)
Suwarti, Miss ( Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl. Raya Dukuh Waluh, PO Box 202 Purwokerto 53182, Telp. (0281) 636751 ext. 209)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Organizational Citizenship Behavior berperan terhadap kualitas jasa. pada pada para guru lembaga pendidikan. Hipotesis yang diajukan yaitu: Organizational Citizenship Behavior terbukti memiliki pengaruh  terhadap kualitas jasa. Penelitian ini menggunakan dengan subjek sejumlah 60 guru LPA Putra Harapan di Purwokerto. Data dikumpulkan melalui 2 skala yaitu Skala Organizational Citizenship Behavior, dan Skala Kualitas Jasa. Didapatkan hasil F hitung > F tabel (19,212 > 4,08). Diperkuat dengan hasil t hitung sebesar 4,383 yang > t tabel (2,002) yang maka artinya Ho ditolak, artinya bahwa organizational citizenship behavior berpengaruh secara nyata (signifikan) terhadap kualitas jasa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan program SPSS For Windows Release 17.00. Hasil penelitian menunjukkan Organizational Citizenship Behavior (X) berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas jasa (Y) dengan total pengaruh sumbangan efektif sebesar 34,9%.  Kata kunci: organizational citizenship behavior, kualitas jasa

Copyrights © 2014