Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Organizational Citizenship Behavior berperan terhadap kualitas jasa. pada pada para guru lembaga pendidikan. Hipotesis yang diajukan yaitu: Organizational Citizenship Behavior terbukti memiliki pengaruh  terhadap kualitas jasa. Penelitian ini menggunakan dengan subjek sejumlah 60 guru LPA Putra Harapan di Purwokerto. Data dikumpulkan melalui 2 skala yaitu Skala Organizational Citizenship Behavior, dan Skala Kualitas Jasa. Didapatkan hasil F hitung > F tabel (19,212 > 4,08). Diperkuat dengan hasil t hitung sebesar 4,383 yang > t tabel (2,002) yang maka artinya Ho ditolak, artinya bahwa organizational citizenship behavior berpengaruh secara nyata (signifikan) terhadap kualitas jasa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan program SPSS For Windows Release 17.00. Hasil penelitian menunjukkan Organizational Citizenship Behavior (X) berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas jasa (Y) dengan total pengaruh sumbangan efektif sebesar 34,9%.  Kata kunci: organizational citizenship behavior, kualitas jasa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014