Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Nasional LPPM 2014, 20 Desember 2014

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Bahasa Inggris di Fakultas Hukum UNNES

Windiahsari, Ms. ( Fakultas Hukum, Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui efektifitas belajar mahasiswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe  Jigsaw (2) untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar mahasiswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Hukum semester 1 tahun ajaran 2013/2014. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Triangulasi data digunakan untuk menjaga validitas data, sedangkan untuk teknik analisis data digunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah: (1) adanya efektifitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.Kata Kunci: jigsaw, pembelajaran kooperatif, prestasi belajar

Copyrights © 2014