Proceeding Seminar LPPM UMP Tahun 2014
2014: Proceeding Seminar Nasional LPPM 2014, 20 Desember 2014

Model Pendidikan Karakter Religius Berbasis Pada Pengetahuan Matematika Sekolah

Kusno, Mr. ( Pendidikan Matematika – FKIP – Universitas Muhammadiyah Purwokerto Jl raya dukuh waluh PO BOX 202 Purwokerto 53182)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2014

Abstract

Krisis moral yang melanda bangsa Indonesia belakangan ini, tidak hanya dialami oleh kaum non terpelajar, bahkan sekarang banyak melanda kaum intelektual. Salah satu penyebabnya adalah karena  proses pendidikan selama ini tidak mengintegrasikan antara pengetahuan dan nilai. Selama ini peran pengetahuan termasuk matematika tidak lebih hanya melayani otak kiri saja yang hanya menuntut kemampuan berpikir logika sehingga hanya membekali siswa pintar namun tidak membekali siswa smart.  Hal ini disebabkan karena matematika adalah landasan berpikir ilmiah yang masih lepas dari nilai, akan tetapi mempengaruhi sikap, dan perilaku seseorang dalam mengambil keputusan dan tindakan. Jika sejak dini penanaman nilai-nilai religiusitas dielaborasikan dengan pengetahuan matematika, maka akan melahirkan cahaya imani yang dapat membawa perubahan umat kepada kemuliaan. Tujuan kajian ini adalah mendekripsikan prototipe model pendidikan karakter religius berbasis pada pengetahuan matematika sekolah. Kajian ini menggunakan model pengembangan 4D dari Thiagarajan yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Desseminate. Subyek kajian adalah materi matematika sekolah dan Pengembangan Bahan Ajar (PBA). Hasil penelitian yang diharapkan adalah dihasilkannya prototipe bahan ajar pendidikan karakter religius yang dibangun dari pengetahuan matematika sekolah..Kata kunci :  Krisis moral, Skularisme, Matematika, Islami, Intelektual muslim

Copyrights © 2014