Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran percaya diri dan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru matematika dalam pembelajaran berbasis budaya Islam. Sebagai subyek penelitian adalah mahasiswa Program studi Pendidikan Matematika semester 5 Universitas Muhammadiyah Purwokerto.  Pengambilan data menggunakan tes dan angket dan wawancara Data dianalisis secara kualitatif.  Hasil penelitian diperoleh untuk kelompok prestasi atas, percaya diri tergambar pada keyakinan yang tinggi, tanggungjawab, berpikir rasional yang baik. Adapun kemampuan komunikasi tergambar pada penggunaan kalimat matematis, penggunaan lambing dan ilustrasi-ilustrasi yang saling mendukung.Untuk kelompok prestasi bawah, percaya diri tergambar pada keyakinan yang rendah, tanggungjawab, berpikir rasional yang relative kurang baik. Adapun kemampuan komunikasi tergambar pada penggunaan kalimat matematis yang kurang jelas, penggunaan lambang dan ilustrasi-ilustrasi yang tidak saling mendukung. Aktivitas budaya Islam pada kelompok prestasi atas dapat dikatakan baik, sedangkan pada kelompok prestasi bawah dapat dikatakan cukup. Kata Kunci:  Pembelajaran berbasis budaya Islam, Komunikasi Matematis, Percaya Diri Matematis, Mahasiswa Calon Guru, Â
Copyrights © 2014