JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN
Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern

PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.A 2018/2019

Bangun Napitupulu (UNIMED)
Desi ratna Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2019

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas X SMk Al Swasta Jambi Medan T.A 2018/2019. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan fasilitas belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.A 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi Medan Kelas X Administrasi Perkantora.  populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah berjumlah 80orang siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket, Uji validitas dan reliabilitas menggunakan program SPSS versi 20.00 for windows 7.Untuk mengetahui hipotesis berpengaruh maka digunakan uji t dengan taraf signifikan 95% dan alpha 5%. Dari hasil tersebut iperoleh untuk variabel fasilitas belajar () dengan hasil belajar (Y) di proleh thitung>ttabel sebesar (4,472>1,664) dengan signifikan 0,00 <0,05hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahawafaslitas belajar () berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y). Selanjutnya untuk minat belajar () terhadap hasil belajar (Y) diperoleh thitung>ttabel(4,044>1,664) dengan signifikan 0,00 < 0,05 hal ini berarti hipotesis diterima yang menjelaskan bahwa fasilitas  belajar ) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar (Y).Dan untuk mengetahui apakah hipotesis ketiga berpengaruh digunakan uji F simultan Fhitung>Ftabel(39,044>3,11)  dengan signifikan 0,000 <0,05 hal ini berasrti hipotesis ketiga diterima yang menjelaskan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara fasilitas belajar () dan minat belajar ) terhadap hasil belajar (Y). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Fasilitas Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X AP SMK Swasta jambi Medan Tahun Ajaran 2018/2019.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpilkan fasilitas belajar dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran kearsipan kelas X SMK Swasta Jambi Medan T.A 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

judika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal ini bertujuan untuk mencari artikel berkualitas untuk menjawab kebutuhan dalam meningkatkan pemahaman administrasi dan perkantoran modern. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern (JUDIKA) memberikan tren terkini dalam pengetahuan dan aplikasi praktis di bidang administrasi dan perkantoran ...