Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2022): November 2022

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berdasarkan Adversity Quotient (AQ)

Sari Masyithah (Syiah Kuala University)
R. M. Bambang S (Syiah Kuala University)
Mailizar Mailizar (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Keberhasilan saat belajar bergantung dengan siasat seseorang dalam menangani kesulitan, adversity quotient (AQ) serupa dengan daya juang untuk menghadapi kesulitan. Seseorang yang memiliki AQ tinggi ditaksir bisa menghadai permasalahan yang ada begitupun sebaliknya. Memecahkan soal matematika membutuhkan produktivas, nalar, dan latihan untuk mengasah kemampuan. Siswa yang mempunyai AQ tinggi ditaksir bisa menghadapi permasalahan yang ada begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan klasifikasi AQ. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Subjek dipilih dari kelas 8.7 dan kelas 8.8 SMP Negeri 6 Banda Aceh sebanyak 4 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner ARP (adversity response profile), soal tes materi bilangan bulat, dan wawancara. Triangulasi menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa yang memiliki AQ camper belum berhasil dalam langkah pemecahan masalah menurut indeks Polya dengan baik, indikator yang tidak dapat dikerjakan dengan baik adalah memeriksa kembali. Kemudian, siswa dengan AQ climber mampu memenuhi indeks Polya yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian, menyelesaikan masalah, dan memeriksa kembali.Kata Kunci: Adversity Quotient, pemecahan masalah, indikator Polya

Copyrights © 2022