Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 7, No 2 (2022): November 2022

Kesalahan Mahasiswa dalam Penyelesaian Soal Aljabar Elementer Ditinjau dari Prosedur Newman

Kurniadi Rizki (Syiah Kuala University)
Suryawati Suryawati (Syiah Kuala University)
Cut Khairunnisak (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Kesalahan merupakan kekeliruan terhadap suatu tahapan yang benar. Jenis-jenis kesalahan dapat diidentifikasi salah satunya menggunakan analisis kesalahan Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menyelesaikan soal aljabar elementer. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui penyebab mahasiswa melakukan kesalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek tes dalam penelitian ini merupakan 112 mahasiswa angkatan 2020 di jurusan Pendidikan Matematika di salah satu universitas negeri di Aceh. Pengumpulan data diambil melalui dokumentasi lembar ujian mahasiswa dan wawancara. Data dokumentasi lembar ujian digunakan untuk melihat kesalahan yang muncul dan data hasil wawancara digunakan untuk memverifikasi serta mengetahui penyebab terjadinya kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga jenis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal. Kesalahan pertama adalah dalam melakukan transformasi terhadap proses yang disebabkan kurangnya pemahaman terhadap materi dan keliru pada penentuan setiap syarat untuk menyelesaikan soal. Kesalahan kedua adalah dalam mengolah data yang sudah ditransformasikan (keterampilan proses) yang disebabkan kurangnya ketelitian dalam melakukan operasi-operasi dasar matematika. Kesalahan ketiga adalah dalam menuliskan jawaban di akhir pengerjaan yang disebabkan kurangnya kebiasaan terhadap menulis jawaban akhir sesuai prosedur yang ada. Kata Kunci: Kesalahan Mahasiswa, Prosedur Newman, Soal Aljabar Elementer

Copyrights © 2022