Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2023)

Menanamkan Nilai-Nilai Kewirausahaan melalui Kegiatan Market Day

Tri Rukmana (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Erni Munastiwi (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Viny Anggradini Puspitaloka (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Nadha Mustika (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Khoirunni’mah Khoirunni’mah (Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2023

Abstract

Di Indonesia hanya terdapat 0,18 % dari total sekitar 225 juta penduduk yang memilih  untuk berwirausaha sedangkan Negara Singapura memiliki 4 %, pengangguran di Indonesia menjadikan permasalahan yang belum terselesaikan hingga saat ini, dari permasalahan ini membuktikan bahwa pentingnya mengajarkan anak untuk belajar berwirausaha sejak dini, Salah satunya dengan mengadakan kegiatan market day di sekolah. Adapun tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses penanaman nilai-nilai kewirausahaan kepada anak melalui kegiatan market day. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah dengan metode kualitatif dengan menggunakan model teknik interaktif, di mana dalam proses pengumpulan data yang dilakukan bersamaan dengan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan market day dapat meningkatkan nilai-nilai kewiraushahaan diantaranya adalah kemandirian, kreatif pengambil resiko, kepemimpinan, dan berorientasi pada tindakan. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan market day mampu dalam menumbuhkan sikap dan meningkatkan nilai-nilai kewirausahaan anak di TK-Al-Kindi Preschool Kota Pangkal Pinang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...