Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 7 No 1: Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 Nomor 1 Tahun 2023

Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Kamalia, Addina (Unknown)
Rahmadhar, Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni untuk melihat terdapat pengaruh atau tidaknya penggunaan media pembelajaran animasi terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif berbentuk eksperimen quasi dimana metode ini digunakan untuk melihat adanya pengaruh atas suatu perlakuan terhadap varibel terikat. Desain yang digunakan ialah One Group Pretest-Posttest Design, yang berarti hanya satu grup yang nantinya akan menerima dua perlakuan sekaligus. Sampel penelitiannya yakni siswa kelas IV.a yang sebanyak 21 siswa/i berisi 12 siswa serta 9 siswi. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yakni sampel penelitian yang akan digunakan adalah semua anggota populasi. Alat penelitian yang digunakan yakni format tes dengan menggunakan materi Bangun Datar, meliputi pretest dan posttest sebanyak 12 soal. Hasil yang di dapat pada penelitian ini memperoleh Thitung= 6,192 dan Ttabel = 1,725 pada ἀ= 0,05. Berdasarkan standar kriteria Thitung > Ttabel menunjukkan bahwa Hₒ ditolak dan H₁ diterima. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran animasi berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV di Dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...