Penyesusaian diri merupakan hal yang perlu dilakukan ketika seorang individu sedang bertemu dengan situasi, keadaan, dan hal baru. Hal ini juga dilakukan oleh mahasiswa tingkat pertama dalam memasuki perguruan tinggi dari tingkat pendidikan sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara dukungan sosial dengan penyesuaian diri mahasiswa tingkat pertama selama melakukan kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan secara daring selama pandemi COVID-19. Adanya bantuan atau dukungan sosial yang diberikan oleh orang-orang terdekat dapat membuat mahasiswa lebih mampu menyelesaikan konflik, meringankan beban, dan mendapatkan pertolongan dalam berbagai bentuk. Hal itu termasuk dalam membantu mahasiswa untuk lebih berbaur dengan lingkungan baru, serta menanggulangi masalah yang timbul ketika mahasiswa mulai masuk ke dalam dunia perkuliahan. Penelitian ini melibatkan 104 orang partisipan mahasiswa tingkat pertama yang berusia 18-22 tahun dan mengikuti pembelajaran daring, dan diukur menggunakan alat ukur Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) serta Student Adaptation to College Questionnaire (SACQ). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa r (104) = 0.264 dan p = 0.007 (p<0.05). Hal ini membuat hipotesis penelitian diterima, dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan korelasi signifikan dengan arah positif yang memiliki arti bahwa semakin tinggi dukungan sosial seorang mahasiswa, maka akan semakin tinggi pula tingkat penyesuaian dirinya.
Copyrights © 2022