Jurnal Promotif Preventif
Vol 6 No 1 (2023): Februari 2023: JURNAL PROMOTIF PREVENTIF

Hubungan Kompetensi Komunikasi dengan Kualitas Pelayanan Obat di Apotek Kapten Ismail Tegal

Wilyam Dwi Apri (Politeknik Harapan Bersama)
Agus Susanto (Politeknik Harapan Bersama)
Meliyana Perwita Sari (Politeknik Harapan Bersama)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2023

Abstract

Petugas farmasi merupakan salah satu pekerjaan yang dapat menerapkan kompetensi komunikasi terutama pada saat pemberian informasi obat yang nantinya berpengaruh dalam hal kualitas pelayanan kepada seorang pasien. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan kompetensi komunikasi dengan kualitas pelayanan obat. Penelitian dilakukan dengan metode cross sectional secara quota samplingl menggunakan instrument berupa kuisioner yang dilakukan pada bulan Agustus - September tahun 2022 dengan sample sebesar 100 orang. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji Chi-Square dengan α = <0,05. Penelitian ini dilakukan di Apotek Kapten Ismail Kota Tegal. Hasil yang didapatkan dengan kategori komunikasi verbal cukup baik sebanyak 88 (88,0%) komunikasi nonverbal baik sebanyak 75 (75%) dan kualitas pelayanan obat dalam kategori baik sebanyak 83 (83%). Hasil dari uji chi-square antara komunikasi verbal dengan kualitas pelayanan obat (p = 0,015) dan komunikasi nonverbal dengan kualitas pelayanan obat (p = 0,003). Kesimpulannya, kompetensi komunikasi berhubungan dengan kualitas pelayanan obat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Health Professions Public Health

Description

Epidemiologi; Kesehatan Lingkungan; Administrasi dan Kebijakan Kesehatan; Gizi Kesehatan Masyarakat; Promosi Kesehatan; Kesehatan dan Keselamatan ...