Pendidikan adalah salah satu kunci awal yang akan membawa kesuksesan suatu bangsa. Sebagai tenaga pendidik yang profesional seorang guru harus memiliki tanggung jawab pribadi, sosial, moral, spiritual dan intelektual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan kerja, komunikasi, dan konflik kerja-keluarga terhadap kepuasan kerja para guru. Penelitian ini dilakukan pada para tenaga pendidik atau guru sekolah menengah pertama dan menengah kejuruan swasta yang berasal dari Sekolah Yayasan Insan Cendekia - Yogyakarta. Model Penelitian ini digunakan statistik inferensial. Uji kualitas instrumen menggunakan uji reliabilitas dengan metode Cronbah’s Alfa dan Composite Reliability 0.7 Uji validitas menggunakan validitas konvergen dan validitas diskriminanat dengan outer loading factor 0.70 dan Validitas Diskriminan dengan Average Variable extrac (AVE) 0.50. Inner model dengan melihat Goodness-of-fit. Alat analisisnya dengan analisis Structural Equation Modeling (SEM), dengan software SmartPLS versi 3. Hasil menunjukkan bahwa, kemampuan kerja memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Komunikasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Konflik kerja-keluarga memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja guru.
Copyrights © 2023