Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pedagogik guru dalam mengelola kelas terhadap kondusifitas belajar siswa di SD Negeri 1 Parakansalak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang dikumpulkan yaitu dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran pedagogik guru dalam mengelola kelas sudah terpenuhi yaitu dengan adanya peran ini guru harus mampu menciptakan dan mempertahankan situasi dan kondisi kelas yang optimal sehingga proses pembelajaran dapat berjalan secara efektif. Proses pembelajaran yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 1 Parakansalak berjalan cukup baik karena guru mampu mengelola kelas dengan kemampuan yang dimiliki seperti kemampuan pedagogik, kemampuan kepribadian, kemampuan profesional dan kemampuan sosial. Terkait dengan hal tersebut guru di SD Negeri 1 Parakansalak telah memiliki peran dan kemampuan dalam mengelola kelas sehinga tercipta kelas yang kondusif seperti mengatur posisi duduk sisiwa, menjaga kebersihan kelas dan pengaturan hiasan yang ada di dalam ruangan kelas sehingga kondusifats siswa saat belajar menjadi bermakna dan menyenangkan.
Copyrights © 2022