Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan tanggung jawab perusahaan dalam upaya ikut serta melestarikan lingkungan dan mengembangkan masyarakat sekitar. Era Industri 4.0 merupakan era yang semakin maju dengan digitalisasi di sebuah hampir bidang industri. Harapannya CSR menjadi lebih diperhatikan melalui sektor ekonomi, sosial, dan lingkungan. Penerapan CSR memberikan efek positif untuk perusahaan dimana dapat menarik investor untuk berinvestasi dan menambah citra baik perusahaan. CSR adalah sebagai bentuk etika perusahaan dalam menjalankan bisnis, dimana tidak hanya berfokus pada keuntungan untuk performa kinerja keuangan saja, namun juga tindak lanjut dan peran perusahaan dalam mengatasi dampak yang ditimbulkan dari aktivitas bisnisnya. Perkembangan industri seharusnya tidak menjadi penghambat bagi perusahaan untuk menerapkan CSR, karena dengan digitalisasi yang ada, perusahaan dapat memperoleh data mengenai respon dan tanggapan masyarakat terhadap kinerja perusahaan. Hal tersebut justru seharusnya dapat mempermudah perusahaan dalam melakukan analisis lingkungan dan dapat mengembangkan program CSR yang sesuai. Tak kalah penting bahwa dalam penyusunan program dan pelaksanaan CSR, perusahaan harus tetap memperhatikan aspek kemanusiaan, keadilan dan pemerataan seperti yang tercantum dalam Pancasila. Kata Kunci : CSR, Etika Bisnis, Pancasila.
Copyrights © 2022