Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4, No 1 (2022)

Direct Instruction Sebagai Model Pembelajaran Inovatif Untuk Mendukung Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV

wahyu setyopramono sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui implementasi model direct Instruction untuk mendukung hasil belajar IPA siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan desain dekripsi kualitif. Partisipasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri nglorog 1. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan midel interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Direct Instruction dapar mendukung hasil belajar IPA siswa. Ditemukan data awal menunjukkan bahwa ketuntasan nilai IPA kelas IV 17.4%. Nilai tuntas yang dicapai tersebut masih tergolong rendah. Dengan menggunakan Direct Instruction dapat mendukung hasil belajar siswa menjadi 95.6% penelitian ini menyimpulkan bahwa model direct instruction dapat mendukung hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD Negeri Nglorog 1.Kata Kunci : Direct Instruction, Hasil belajar, IPA

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

trapsila

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal Trapsila focuses on theoretical issues and pedagogical practices in elementary education. The Journal welcomes submissions on all aspects of Elementary Education in the form of articles that report original research, analyze practice, discuss local and national policy and initiatives, offer ...