Tujuan penelitian ini untuk mengetahui maksud dari bermain, manfaat bermain, karakteristik dan bagaimana tahapan perkembangan bermain bagi anak usia dini. Teknik pengumpulan data ini dengan cara analisis deskriptif, content analisys atau analisis isi, dan penarikan kesimpulan. Adapun yang dihasilkan dari penarikan kesimpulan melalui metode yang bersifat literatur dengan jenis penelitian pustaka (library research) yaitu pentingnya bermain untuk perkembangan anak. Bermain bermakna suatu kegiatan yang dapat meningkatkan serta menjadi salah satu alat untuk perkembangan aspek anak usia dini. Dengan bermain, tidakhanya senang saja yang anak dapatkan, akan tetapi anak dapat belajar dan mengenal banyak hal. Karena bermain memiliki karakter masing-masing, tergantung bagaimana anak ingin melakukannya. Bermain juga diartikan sebagai suatu kegiatan bebas, bisa dilakukan kapanpun, bagaimanapun. Melalui bermainĀ anak bisa menolong dirinya, menyelesaikan masalah, dan lain sebagainya. Kegiatan kongkrit dan pendekatan yang berorientasi, bermain cara yang paling efektif pada Pendidikan Anak di Usia Dini dalam proses pembelejaran.
Copyrights © 2022