Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (a). perencanaan mutu akademik; (b) pengorganisasian mutu akademik; (c) pelaksanaan mutu akademik; dan (d) pengawasan mutu akademik Madrasah Ibtidaiyah (MI) Arrosyad Bergas lor Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di MIĀ Arrosyad Bergas Lor Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, ketua yayasan, guru, komite dan pengawas sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi manajemen mutu akademik MI Arrosyad Bergas Lor Kecamatan Bergas Kabupaten semarang dilakukan secara terstruktur mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dengan melibatkan peran aktif kepala sekolah, guru, komite, ketua yayasan, pengawas dan orang tua peserta didik. 2) dalam fungsi dan tanggung jawab mutu akademik di sekolah menempatkan personal sesuai dengan kompetensinya masing-masing. 3) kendala yang dialami diantaranya sangat dibutuhkan peningkatan koordinasi masing-masing bidang, loyalitas yang tinggi, kelengkapan administrasi dan sarana prasarana
Copyrights © 2022