Data Sciences Indonesia (DSI)
Vol. 2 No. 2 (2022): Article Research Volume 2 Issue 2, Desember 2022

Analisis Peramalan (Forecasting) Penjualan Dengan Metode ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average) Pada Huebee Indonesia

Hassyddiqy, Hasbi (Unknown)
Hasdiana, Hasdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

Perencanaan produksi sangat dibutuhkan bagi pihak usaha Huebee Indonesia untuk meningkatkan pelayanan produksi pakaian. Permintaan konsumen selalu tidak menentu atau berubah-ubah disetiap periode berikutnya. Dengan adanya peramalan, pihak Huebee Indonesia dapat mengetahui perkiraan jumlah produksi pakaian yang akan dilakukan di masa yang akan mendatang. Dengan peningkatan jumlah produksi pakaian yang di hasilkan, Huebee Indonesia dapat menambah karyawan untuk keberlangsungan produktivitas usahanya. Oleh karena itu, dibutuhkan metode peramalan yang memiliki tingkat akurasi yang tinggi dan memiliki error yang minimum. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan peramalan penjualan dan produksi pakaian pada usaha Huebee Indonesia Dengan Metode ARIMA. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode time series dengan analisis ARIMA (Autoregressive Integrated Moving Average). Hasil dari penelitian ini adalah penjualan Huebee Indonesia mengalami peningkatan setiap bulannya untuk 3 bulan. Untuk hasil peramalan penjualan per item akan mengalami penurunan pada model yang sudah banyak terjual pada 3 periode sebelumnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Physics

Description

Data Sciences Indonesia (DSI) adalah jurnal yang memuat hasil penelitian atau kajian ilmu di bidang Ilmu komputer dengan mengambil ranah Data Sciende dan pendukung keilmuan tersebut. Data Sciences Indonesia (DSI) terbit setiap dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Data Sciences ...