Tujuan yang diharapkan dalam penelititian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menelaah teks prosedur melalui pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada peserta didik kelas VII SMP Tri Mulya Jakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VII pada semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022/2023 dengan jumlah peserta didik sebanyak 35 orang. Faktor yang diteliti adalah (a) faktor siswa, yakni keaktifan siswa dalam proses pembelajaran; (b) faktor guru, yakni berkaitan dengan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran teks prosedur ; dan (c) hasil belajar, yakni berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menelaah teks prosedur. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data secara kualitatif deskriptif. Indikator keberhasilan tindakan tercapai secara klasikal jika 80% dari jumlah siswa, memperoleh nilai ≥ 75 sebagai kriteria ketuntasan minimal (KKM) kelas VII mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Tri Mulya Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan peserta didik dalam menelaah teks prosedur pada siswa kelas VII SMP Tri Mulya Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat ditingkatkan melalui proses pembelajaran yang menggunakan metode pembelajaran problem based learning (PBL). Hal ini dapat buktikan dengan rata-rata persentase kemampuan peserta didik sebelum pelaksanaan tindakan berada pada rata-rata persentase 60% meningkat menjadi 85%.
Copyrights © 2022