Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menentukan struktur dan kebahasaan teks eksposisi di SMP Methodist-5 Pagar Alam melalui penggunaan strategi KWL (know, want to know, learner). Metode Penelitian yang digunakan adalah PTK dilaksanakan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdiri atas empat komponen, yaitu perencanaan (planning), pelaksaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes uraian, angket, catatan lapangan, dokumentasi serta wawancara. Teknik analisis data menggunakan data kulitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor menentukan struktur dan kebahsaan teks eksposisi pratindakan sebesar 40,00 (40,00%), siklus I menjadi 60,00 (70,00%), dan pada siklus II menjadi 90,00 (80,00%). Jadi, kemampuan menentukan struktur dan kebahsaaan teks eksposisi peserta didik dari pretes sampai akhir siklus I meningkat sebesar 30 (30%), pada siklus II peningkatan sebesar 20,00 (20,00%). Berdasarkan hasil penelitian, simpulan dari pratindakan hingga sesudah tindakan, nilai menentukan struktur dan kebahsaan teks eksposisi peserta didik telah mengalami peningkatan sebesar 30,00 (30,00%) yaitu dari skor 40,00 (40,00%) menjadi 70,00 (70,00%). Perubahan yang terlihat dalam penelitian tindakan kelas adalah perubahan perilaku positif siswadibandingkan siklus sebelumnya. Pada siklus II, kegaiatn pembelajaran dapat dikendalikan dengan baik dan lebih kondusif. Peserta didik yang kurang termotivasi tampak semakin bersemangat, lebih percaya diri dan berperan aktif.
Copyrights © 2022