CEMERLANG :Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis
Vol. 1 No. 3 (2021): CEMERLANG : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERILAKU PEMBELI MIE INSTAN PRODUK INDOFOOD (Pada Toko Ina di Tanah Grogot)

Wahyudi Wahyudi (Unknown)
Achmad Syahruddin (Unknown)
Ira Marni (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan tempat) terhadap perilaku pembeli mie Instan Produk Indofood, serta untuk mengetahui diantara variabel bebas (produk, harga, promosi dan tempat) yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap perilaku pembeli mie Instan Produk Indofood pada Toko Ina Tanah Grogot. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja mie instan produk indofood pada toko Ina selama penelitian. Sampel yang diambil adalah sebagian dari populasi yaitu 80 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik metode sampling insidental. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu produk, harga, promosi dan tempat/distribusi, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu perilaku pembeli. Untuk metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dengan menggunakan program SPSS 15 dapat diperoleh Fhitung > Ftabel ( 30.738 > 2.34) dengan hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku pembeli. Selanjutnya dengan melihat besarnya koefisien determinasi (R2) Adjusted Squere diperoleh hasil sebesar 0.601 atau 60,1 % sedangkan sisanya sebesar 39.9 % dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil uji – t diketahui bahwa variabel yang dominan mempengaruhi perilaku pembelian adalah variabel promosi (X3), dapat dilihat dari nilai unstandardized coefficients variabel promosi 0.530 atau nilai t hitung tertinggi yaitu 8,578 dibandingkan dengan variabel lainnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cemerlang

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CEMERLANG :Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas ...