Sociopreneur atau sociopreneurship merupakan gabungan dari dua kata, yaitu social dan entrepreneurship. Sama seperti namanya, sociopreneur ini menggabungkan konsep bisnis dengan isu sosial yang ada di masyarakat (www.accurate.id). Dapur VANAYA merupakan salah satu UMKM di Kota Bandung yang memiliki konsep sociopreneurship dimana produk makanan berupa nasi kotak yang diproduksinya disalurakankepada masyarakat yang membutuhkan. Model bisnis seperti ini cukup atraktif dengan membawa isu kemanusiaan, selain konsumen bisa membantu pemilik usaha untuk tetap produktif, mereka juga bisa membantu masyarakat lebih luas karena produk yang dibelinya akan disalurkan secara langsung kepada pihak yang membutuhkan.Bisnis ini sangat tergantung pada kepercayaan pasar terhadap UMKM, kepercayan bahwa UMKM akan benar-benar mendistribusikan produknya sesuai dengan jumlah yang dipesan oleh konsumen. Salah satu cara untuk meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan membuat visual brand identity untuk membuktikan kepada pasar bahwa produk ini memang benar-benar ada dan dikelola secara lebih profesional dan sejatinya brand merupakan jatidiri yang harus dimiliki dan dikelola dengan baik. Selain itu dengan memberikan pembelajaran dasar-dasar pemasaran diharapkan UMKM Dapur Vanaya bisa mengelola bisnisnya dengan lebih optimal dan berkelanjutan.
Copyrights © 2023