Jurnal Administrasi Publik dan Bisnis (JaPaBis)
Vol 4 No 2 (2022): September

ANALISIS STANDAR PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR CAMAT DUMAI BARAT KOTA DUMAI

Refdi (SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING)
Fitra Hadi Khaz (SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI)
Erinaldi (SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING)
Wafa Adila (SEKOLAH TINGGI ILMU ADMINISTRASI LANCANG KUNING)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2022

Abstract

Pelayanan publik merupakan hasil dari penyelenggaraan organisasi. Insatansi pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan publik diantaranya adalah Kantor Camat Dumai Barat Kota Dumai. Namun berdasarkan pengamatan penulis, ditemukannya masalah pada waktu pelayanan yang belum sesuai aturan yang t diterapkan dan masih kurangnya ketepatan waktu dalam penyelesaian pelayanan yang menjadi kebijakan dalam pengurusan suatu produk yang diinginkan. Serta masih ditemukan sarana dan prasarana yang belum mendukung dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat. Berdasarkan gejala masalah tersebut dapat ditarik rumusan masalah yaitu bagaimana standar pelayanan publik pada Kantor Camat Dumai Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui standar pelayanan publik, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan standar pelayanan publik pada Kantor Camat Dumai Barat Kota Dumai. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang mendeskripsikan tentang pelaksanaan standar pelayanan publik dengan telaah kajian berdasarkan teori sebagai acuan pokok. Riset ini menggunakan teori Mukarom, pelayanan publik terdiri dari aspek alur pelayanan, rentang waktu penyelesaian, biaya, produk pelayanan, sarana-prasarana, dan kapabilitas petugas (kompetensi), (Mukarom & Laksana, 2015).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

japabis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Ruang Lingkup (FOCUS AND SCOPE) 1. ADMINISTRASI PUBLIK 2. ADMINISTRASI BISNIS 3. SOSIAL DAN BUDAYA 4. TENKNOLOGI DAN INFORMASI 5. MANAJEMEN 6. BAHASA ...