Jurnal Pendidikan Guru Matematika
Vol 2, No 1 (2022): Januari

Kurikulum dan Model-model Pengembangannya

Joko Suratno (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun)
Diah Prawitha Sari (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun)
Asmar Bani (Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2022

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan pengertian kurikulum dan beberapa model pengembangan kurikulum. Keberadaan pendidik tidak dapat dipisahkan dari kurikulum karena dosen maupun guru adalah mediator antara kurikulum dan mahasiswa atau siswa. Dosen dan guru dapat dilibatkan dalam pengembangan kurikulum dalam dua cara, yaitu sebagai partisipan dalam proses atau sebagai pengguna produk kurikulum. Berbagai model pengembangan kurikulum dapat kita jumpai. Dari berbagai model pengembangan kurikulum yang ada, artikel ini membahas secara khusus model pengembangan kurikulum Tyler’s Behavioral Model, Beauchamp’s Managerial Model; Saylor, Alexander, and Lewis’s Administrative model; The Grass Roots Model; Taba’s Inverted Model; The Demonstration Model; Roger’s Interpersonal Relation Model; dan The Systematic Action-Research Model. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Guru Matematika (JPGM) merupakan jurnal pada bidang pendidikan yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Khairun. Jurnal ini menyediakan forum publikasi penelitian dalam pembelajaran matematika untuk seluruh jenjang pendidikan. Artikel-artikel yang ...