Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Januari)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 3 ALAS BARAT KABUPATEN SUMBAWA TAHUN AJARAN 2022/2023.

Ayuningtyas, Liza Laras (Unknown)
Yamin, Ahmad (Unknown)
Suparman, Suparman (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa kendala dalam proses   pembelajaran IPS antara lain adalah pembelajaran IPS belum menggunakan model pembelajaran Talking Stick, pembelajaran masih didominasi oleh pendidik, peserta didik kurang percaya diri dalam mengemukakan pendapat atau bertanya bila ada materi yang belum dipahami, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPS masih rendah.Berdasarkan permasalahan di atas rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 3 Alas Barat Kabupaten Sumbawa tahun ajaran 2022/2023? Dan bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 3 Alas Barat Kabupaten Sumbawa tahun ajaran 2022/2023? Tujuan penelitian ini untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 3 Alas Barat Kabupaten Sumbawa tahun ajaran 2022/2023 dan untuk menganalisis hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Talking Stick dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 3 Alas Barat Kabupaten Sumbawa tahun ajaran 2022/2023.Jenis penelitian ini yaitu Quasi Eksperiment desain Two Group Pretest-Posttest. Penelitian ini membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol). Populasi pada penelitian ini yaitu siswa SMP Negeri 3 Alas Barat. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah Stratified Cluster Random Sampling. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 40 peserta didik, dengan penjabaran 20 peserta didik kelas VII-2 sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Talking Stick, sedangkan kelas kontrol yang berjumlah 20 peserta didik kelas VII-1 tidak menerapkan model pembelajaran Talking Stick. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan tes yang kemudian data hasil tes dianalisis dengan uji-t, yang mana sebelumnya pada data tersebut dilakukan diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas.Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa   model pembelajaran talking stick berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen (pembelajaran Talking Stick) dengan peserta didik kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Pada kelas eksperimen (VII-2) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 48 dengan nilai rata-rata pretest = 36,25 dan nilai rata-rata postest = 84,25. Sedangkan pada kelas kontrol (VII-1) diperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 29 dengan nilai rata-rata pretest = 35,25 dan nilai rata-rata postest = 64,25. Artinya rata-rata  hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick lebih baik dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...