Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk desain modul ajar dengan pendekatan interdisipliner agar dapat diterapkan dalam pembelajaran di tingkat Sekolah Dasar kelas bawah. Penelitian ini dikembangkan agar guru mampu mengimplementasikan pendekatan interdispliner dalam kemampuan membaca mata pelajaran Bahasa Indonesia yang terintegrasi dengan IPAS (IPA dan IPS) dengan mengaitkan wacana teks kontekstual untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan subjek penelitian yaitu pendidik dan peserta didik SD kelas 1. Pengumpulan data dilakukan dengan model 4D (define, design, develop, disseminate) yaitu pendefinisian dengan mengetahui permasalahn modul ajar yang kurang relevan dan bermakna serta bacaan yang kurang kontekstual. Perancangan desain pembelajaran pada modul ajar sesuai dengan Capaian/Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan wacana yang terdapat di mata pelajaran IPAS yang disesuaikan dengan komponen pada modul ajar. Hasil metode penelitian ini dilakukan dengan metode deskriftif quantitative (interview) dengan feedback terhadap guru menunjukan pemahaman dalam mengembangkan modul ajar berbasis interdisipliner pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan IPAS di kurikulum merdeka dan meingkatkan pemahaman membaca bagi siswa.
Copyrights © 2023