Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa melalui penerapan media pohon ilmu pada siswa kelas III SDN I Sesait, penelitian ini didesain dengan menggunakan desain penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus, pada masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi, selanjutnya data yang diproleh dianalisis dengan rumus ketuntasan individu dan ketuntasan klasikal. Berdasrkan hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil kemampuan berhitung siswa menggunakan media pohon ilmu sebagai berikut; dari pra siklus kemampuan berhitung siswa mencapai (36%), masih dibawah KKM. Namun pada siklus I setelah diterapkan media pohon ilmu kemampuan berhitung siswa mencapai (54%), sedangkan pada siklus II kemampuan berhitung siswa mencapai (81%), melebihi ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 75%, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan media pohon ilmu dapat meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas III SDN I Sesait.
Copyrights © 2023