Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2020/2021. (2) Untuk mengetahui Bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2020/2021. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada kelas eksperimen 1 dan tanpa menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) pada kelas eksperimen 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil T.P 2020/2021 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan yang menjadi sampel untuk kelas eksperimen satu 30 siswa di kelas VII-A dan untuk kelas eksperimen dua 30 siswa di kelas VII-B. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yaitu tes awal (Pretest) dan tes akhir (Posttest). Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat(uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas) dan uji hipotesis. Dan hasil yang diperoleh dalam penelitian dengan menggunakan uji hipotesis (uji mancova) yaitu harga Fhitung = 3,551 setelah dibandingkan dengan Ftabel = 2,92, ternyata Fhitung (3,551) Ftabel (2,92) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa SMP Muhammadiyah 05 Medan T.P 2020/2021.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE).
Copyrights © 2021