[Bahasa]: Kemampuan guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terhadap (IT) Cendikia dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 belum memadai. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk 1) Melatih komunitas dampingan untuk memilih model pembelajaran dan merancang perangkat pembelajaran, 2) Mendampingi komunitas dalam membelajarkan siswa sesuai dengan perangkat yang telah dikembangkan, dan 3) Memperkuat peran stakeholder dalam meningkatkan kapasitas guru, dalam hal ini kompetensi pedagogik. Pendekatan pengabdian ini adalah Community Based Research (CBR). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah partisipatif (partisipatory). Komunitas mitra yang terlibat adalah guru-guru SMP IT Cendikia Takengon, sedangkan stakeholder dalam pengabdian ini adalah pimpinan SMP IT Cendikia dan Yayasan yang menaunginya. Tahapan pelaksanaan pengabdian dengan pendekatan CBR ini adalah peletakan dasar penelitian (laying the foundation), perencanaan penelitian, pengumpulan dan analisis data, dan langkah aksi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan yang telah dilakukan berhasil meningkatkan mutu guru dalam memilih model pembelajaran, mengembang-kannya menjadi perangkat pembelajaran yang selanjutnya menerapkannya dalam pembelajaran. Pemahaman guru terhadap sintaks model pembelajaran dan self-efficacy guru dalam menyusun perangkat pembelajaran juga menjadi lebih baik. Kegiatan pelatihan model pembelajaran dan penyusunan perangkat pembelajaran perlu dilakukan dengan lebih mendalam dengan model pembelajaran yang lebih variatif. Kata Kunci: community based research, kompetensi guru, model pembelajaran, perangkat pembelajaran [English]: Teachers’ ability in the junior secondary school of Cendikia to select and implement learning models in accordance with the demands of Curriculum 2013 is still inadequate. This community service program aimed to 1) Train junior high school teachers to choose learning models and design teaching tools, 2) assist the teachers to implement the teaching tools in their classrooms, and 3) strengthen the role of stakeholders in increasing teachers’ capacity. This community service approach was Community Based Research (CBR), and the method used in this service was participatory. The partner communities involved were teachers of SMP IT Cendikia Takengon, while the stakeholders in this service are the leaders of SMP IT Cendikia and the foundation that oversees them. The community service program consists of several stages: laying the foundation, research planning, data collection and analysis, and action. The results showed that the training has succeeded in improving the quality of teachers in choosing learning models, developing them into learning tools, and then implementing them in learning. Teachers' understanding of the syntax of the learning model and their self-efficacy in developing learning tools also improved. Training activities on learning models and preparation of learning tools need to be carried out in more depth with more varied learning models. Keywords: community-based research, teachers’ competency, learning models, teaching tools
Copyrights © 2022