Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih  belum berkembangnya kemampuan berbicara anak di PAUD Darul Fathonah Kecamatan Medan Marelan di tandai anak lebih banyak diam didalam kelas, baik pada saat pembelajaran berlangsung maupun pada saat anak berada di luar kelas. Penelitian ini dalam bentuk tidakan kelas (PTK) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media big book yang terdiri dari 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelasanaan, pengamatan, dan refleksi. Sebagai teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, penugasan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata dalam bentuk persen dari tahap pra siklus BSH maka dapat dirata-ratakan peningkatan kemampuan berkomunikasi anak yaitu pada pra siklus 22,05%, selanjutnya siklus I rata-ratanya 47,05%, siklus II rata-ratanya 78,75% dan pada siklus III rata-rata yang diperoleh anak adalah 86,25%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui media big book dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021