Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Vol 2, No 4 (2022)

Analisis Pengembangan Sumber Belajar Fiqih Di Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan

Khatijah K (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang pengembangan sumber belajar fiqih di Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriftif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran fiqih dan siswa Madrasah Tsanawiyah Insan Cita Medan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwasumber–sumber pembelajaran fiqih MTs Insan Cita adalah; pertama, Guru sebagai sumber utama dalam pembelajaran fiqih. Kedua, Buku Paket Fiqih merupakan sumber pokok yang menjadi acuan guru dalam mengajar. Ketiga, lingkungan Madrsah juga di maanfaatkan guru dan siswa sebagai sumber belajar.dan Ke empat, Intenet juga dijadikan sumber belajar pada materi fiqih. Pengembangan yang dilakukan guru fiqh di MTs Insan Cita adalah dengan mebuat sumber belajar yang dirancang (Leraning resource by design)dan sumber belajar yang dimanfaatkan (Learning resoarce by utilitarian)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimpai

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di Fakultas Agama Islam. JIMPAI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil ...