Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam
Vol 2, No 4 (2022)

Efektivitas Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts.S YPII Kotarih

Kartika Sari Ritonga (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs.S YPII Kotarih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sampel penelitian ini diambil dari siswa kelas VIIB yang berjumlah 30 orang , penelitian ini dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data yaitu, tes dan lembar observasi . Sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis kuantitaif dengan uji hipotesis. Setelah data terkumpul lalu dihitung dengan menggunakan teknik korelasi product-moment, dengan menghasilkan perolehan sebagai berikut : dari hasil koefisien product-moment dengan tabel nilai “r” product moment pada taraf 5% dan 1% diperoleh bahwa rxy = 0,701lebih besar dari pada rtabel baik itu dari taraf signifikan 5% (0,361) dan 1% (0,463) dengan formulasi bandingan yaitu 0.701 ≥ 0,361dan 0,463. Maka (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar siswa di MTs.S YPII Kotarih.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jimpai

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Agama Islam [JIMPAI] adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan melibatkan seluruh komponen akademisi yang ada di Fakultas Agama Islam. JIMPAI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil ...