Jurnal Basicedu
Vol 6, No 6 (2022): December 2022

Hubungan Fasilitas Belajar di Rumah dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IV

Ali Sunarso (Universitas Negeri Semarang)
Pengkuh Aji Atmojo (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji hubungan fasilitas belajar di rumah dan disiplin belajar dengan hasil belajar PAI siswa kelas IV SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Mijen Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling sebanyak 129 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dengan analisis statistic deskriptif dan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah dengan hasil belajar PAI, nilai rhitung = 0,659 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 43,5%; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dengan hasil belajar PAI, nilai rhitung = 0,729 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 53,2%; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di rumah dan disiplin belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar PAI nilai rhitung = 0,746 dan termasuk kategori kuat serta berkontribusi sebesar 55,6%

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...