Celebes Biodiversitas : Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi
Vol 6, No 1 (2023): Science Biology, Education, Conservation, Ecology

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN HANDS ON ACTIVITY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 42 WAETUWO KABUPATEN BONE

Wiwik Wiji Astuti (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Patompo Jl. Inspeksi Kanal Citraland No. 10)
Andi Nur Veryani (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Patompo Jl. Inspeksi Kanal Citraland No. 10)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui dapat tidaknya penerapan model pembelajaran Hands On Activity meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V SDN 42 Waetuwo Kabupaten Bone. Fokus penelitian ini adalah penerapan model Hands On Activity dan hasil belajar tematik siswa. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 42 Waetuwo Kabupaten Bone yang aktif pada tahun pelajaran 2020/2021 berjumlah 16 siswa, 4 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Hands On Activity dari kualifikasi hasil belajar kurang menjadi kualifikasi baik. Kesimpulan penelitian adalah penerapan model pembelajaran Hands On Activity pada pembelajaran tematik siswa kelas V SDN 42 Waetuwo Kabupaten Bone dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa.Kata Kunci : Hands On Activity, hasil belajar tematik

Copyrights © 2023