Celebes Biodiversitas : Jurnal Sains dan Pendidikan Biologi
Vol 6, No 1 (2023): Science Biology, Education, Conservation, Ecology

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SUPPORTING SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMPN 6 WATAMPONE

Andi Nur Veryani (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Patompo Jl.Inspeksi Kanal CitraLand No. 10)
Wiwik Wiji Astuti (Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Patompo Jl.Inspeksi Kanal CitraLand No. 10)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 6 Watampone dengan menggunakan model pembelajaran supporting selfregulated learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dengan dua kali pertemuan dan siklus II dengan satu kali pertemuan. Pengumpulan data didapatkan dari hasil penilaian tes hasil belajar dan lembar observasi kemudian di analisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Aktifitas siswa ada siklus I rata-rata adalah 36% dan pada siklus II adalah 76%, berarti terjadi peningkatan aktifitas belajar siswa. Dan hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 69,6% meningkat menjadi 81% pada siklus II dan peningkatan persentase ketuntasan siswa dari 40 % menjadi 88%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran supporting selfregulated learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 6 Watampone.Kata Kunci: Model Pembelajaran Self Regulated Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Copyrights © 2023