Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol. 5 No. 3 (2022): November

E-LKPD Muatan IPS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali Sistem Subak pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Luh Dera Adnyani Luh Dera Adnyani (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Made Tegeh (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2023

Abstract

Perangkat pembelajaran yang digunakan guru sebatas buku dan LKS berbentuk cetak. Guru belum memanfaatkan teknologi yang ada, sehingga menyebabkan kurang fleksibelnya proses pembelajaran dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk E-LKPD yang teruji validitas, kepraktisan, serta efektivitasnya terhadap kemandirian belajar siswa. Penelitian ini berpedoman pada model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian diantaranya ahli desain, ahli media, ahli materi, praktisi, serta siswa. Metode pengumpulan data adalah metode kuesioner berupa rating scale skala empat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase dari ahli desain sebesar 92,85%, uji ahli media sebesar 97,22%, uji ahli materi sebesar 91,66%, presentase dari praktisi sebesar 93,75%, dan penilaian respons siswa sebesar 95,96%. Hasil uji efektivitas diperoleh signifikasi (Sig. 2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD muatan IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak dinyatakan valid dan praktis digunakan serta efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...